-->

Jangan Sembarangan Berbuat di Depan Anak

Ayah,ibu,anak
                                   darulihtidaulislam.com

Darulihtidaulislam.com.Islam mengajarkan kita untuk menjadi suri teladan yang baik bagi anak-anak kita. Caranya, di antaranya adalah dengan mempertontonkan dan mencohtohkan perbuatan terpuji di hadapan mereka. Hal itu akan menimbulkan dampak psikologis (sikap dan moral) yang sangat bagus, terutama jika mereka terus-menerus menyaksikan orang tuanya melakukan kebaikan.

Kita suruh anak untuk melakukan perbuatan yang baik misalnya cara melakukan sembahyang yang benar sesuai ajaran islam,bersedekah harus dengan tangan yang kanan,membersih kotoran dengan tangan kiri,kita ajari doa sebelum makan dan sesudah makan untuk anak kita dan berbagai macam kebaikan kita ajarkan karena anak itu merupakan amanah kepada dari sang Maha Pencipta.

Namun, jangan coba-coba mempertontonkan perbuatan tercela, apalagi perbuatan anarkis, di hadapan mereka Sebab anak selalu ingin mempraktekkan apa yang dilihatnya, terutama sekali dari kedua orang tuanya.

Dikisahkan, seorang lelaki memandang penuh kagum pada seorang wanita di Basrah. Lelaki itu berkata: belum pernah aku melihat keelokan cahaya mukamu, itu semua pasti karena kamu tidak banyak bersedih.

Baca juga: sebab-sebab lupa hafalan al-quran

Wanita itu lalu menjawab: wahai hamba Allah,sesungguhnya aku ini sedang larut dalam kesedihan sangat mendalam yang tidak pernah dirasakan siapa pun."
Lelaki itu bertanya, "Apa itu?
Wanita itu menjawab: pada saat suamiku menyembelih kambing pada hari raya kurban (idul 'adha), kedua anak kecilku yang manis menyaksikan penyembelihan itu.Setelah itu, anakku
yang lebih besar berkata pada adiknya, Maukah aku perlihatkan padamu bagaimana ayah kita menyembelih kambing?
Adiknya menjawab, Mau"

Kakaknya lalu memegang adiknya seperti ayahnya memegang kambing lalu ia menyembelih adiknya seperti ayahnya menyembelih kambingnya.Aku mengetahui hal itu saat kutemukan anakku yang kecil berlumuran darah dilehernya lalu mati di hadapanku Aku amat terkejut dan memekik dengan keras Saat mendengar pekikanku, kakaknya berlari dan bersembunyi di balik sebuah bukit.

Akhirnya, ia pun tewas dimangsa srigala. Tak lama kemudian, ayahnya pun meninggal karena menderita kepanasan di bukit saat mencari anaknya yang lari ketakutan karena telah
membunuh adiknya."

Wanita itu meneruskan: Begitulah wahai pemuda, masa telah menjadikanku sendirian sebagaimana anda saksikan sayasekarang ini."

SEKIAN......

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jangan Sembarangan Berbuat di Depan Anak"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel