-->

5 Makhluk Mitologi Dalam Kepercayaan Agama Islam

Makhluk mitologi dalam agama islam

Darulihtidaulislam.com- Sahabat beriman kamu tidak asing lagi dengan Makhluk mitologi Yunani yang sering muncul di film-film Hollywood, tapi tahu nggak ternyata dalam ajaran Islam juga terdapat makhluk-makhluk mitologi yang disebutkan dalam kitab suci Al-quran serta dalam hadist.

Admin sarankan untuk membaca sampai habis agar tidak salah paham dalam memahaminya.

1. BURAQ

Buarq adalah makhluk tunggangan Nabi Muhammad Saw dari Masjid Al Aqsha menuju Mi'raj ketika peristiwa Isra Mi'raj mahluk bersayap dan bertelinga panjang yang dibawa oleh malaikat jibril ini memiliki wajah yang rupawan badan yang lebih besar dari keledai namun lebih kecil dari begal pada setiap langkahnya sejauh cara pandangnya.Hal ini membuat Buraq menjadi tunggangan paling cepat.

Ketika akan ditunggangi oleh Nabi Muhammad Saw buraq sempat meronta,kemudian Malaikat Jibril meletakkan tangannya dan berkata "Apakah kamu tidak malu wahai Buraq? demi Allah tidak ada yang menunggumu di semua ciptaan yang lebih disayangi Allah daripada dirinya (baginda Nabi Muhammad Saw).

Mendengar hal demikian buraq merasa malu dan berkeringat hingga basah kuyup dan akhirnya diam ketika nabi Muhammad Saw menaikinya.

2. DABBAT AL-ARD

Inilah makhluk kemunculannya akan menjadi salah satu tanda datangnya hari kiamat,dabbat al-ard adalah sebuah frasa yang berarti binatang buas alias monster yang muncul dari dalam bumi makhluk ini akan muncul di Kota Mekah dekat di gunung Safa,setelah kejadian fenomena matahari keluar dari barat.

Dabbat al-ard akan berbicara dengan kata yang fasih dan jelas,pernah pula diriwayatkan bahwa Dabbat al-ard akan membawa tongkat Nabi Musa as dan cincin kerajaan Nabi Sulaiman as.

3. BURUNG ANQA

Burung ini pernah ada pada zaman Nabi Hanzhalah dengan umatnya penyembah berhala dan membangkang kepada Allah Swt, disebut juga Nabi Hanzhalah berhasil membunuh burung besar ini dengan cara meminta doa kepada Allah untuk memusnahkan dan menghilangkan keturunannya burung ini sering diidentikkan dengan burung simbol dari Persia dan finish dari Mesir kuno.

Menurut manuskrip kuno berupa teks Arab Kuno dari Timur Tengah burung ini tinggal di gunung yang sangat tinggi memiliki tubuh yang sangat besar sehingga ketika terbang ia akan menutupi matahari dan mampu membawa gajah dengan cakar tajam.

Burung ini memiliki 4 sayap 2 panjang serta dua lagi ukurannya lebih pendek Bahannya seperti leher unta dan seluruh tubuhnya ditutupi bulu yang memiliki warna yang sangat banyak.

4. HARISY

Makhluk mitologi selanjutnya adalah Harisy yaitu makhluk yang berbentuk kalajengking yang sangat besar,saking besarnya kepala dari makhluk ini berada di langit ketujuh dan ekornya berada di dasar bumi paling dalam.

Makhluk ini akan muncul pada hari kiamat akan mencari 5 golongan manusia,Malaikat Jibril bertanya pada Harisy ,apa yang akan kau kehendaki Wahai harisy kemudian harisy pun menjawab Aku menginginkan 5 golongan manusia, dimanakah golongan orang meninggalkan shalat?
Di manakah golongan minum khamer?
Di manakah golongan makan riba?
Di manakah golongan yang suka membicarakan masalah dunia di masjid?
Dimanakah orang meninggalkan zakat?

5. AZAZIL

Sebelum Nabi Adam as diciptakan azazil adalah Imam dari para malaikat dengan wajah yang rupawan dan memiliki 4 sayap tapi setelah ia tidak mau menuruti perintah Allah Swt yaitu sujud kepada Nabi Adam as.

Akhirnya Allah Swt melaknatnya dengan mengubah kepalanya seperti kepala unta,dada seperti daging menonjol keatas wajahnya seperti kera dan matanya terbelah sepanjang wajahnya,Azazil diberi umur panjang hingga hari kiamat dengan janji untuk menyesatkan keturunan Nabi Adam as yang menemaninya di neraka kelak.

Nah sahabatku yang beriman itulah tadi makhluk mitologi yang ada dalam kepercayaan agama islam.Kalau ada makhluk mitologi lainnya silahkan berkomentar dibawah

Wallahualam....

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Makhluk Mitologi Dalam Kepercayaan Agama Islam"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel