Penyebab Lupa Hafalan Al-quran

ta'limulmuta'alim

Darulihtidaulislam.com.Adapun ha-hal yang mengakibatkan penyebab lupa hafalan Al-quran dan mudah lupa hafalan ilmu agama yang  lain adalah:perbuatan maksiat, sangat cemas dan sedih dalam urusan dunia, terlalu sibuk dan bergantung (dengan hal-hal yang berkaitan dengan urusan dunia).

Sesungguhnya kami telah menyebutkan, bahwa tidak pantas bagi orang yang berakal mencemaskan apalagi mengkhawatirkan urusan duniawi,sebab hal yang demikian (urusan dunia) dapat membahayan dan tidak memberikan manfaat.

Mencemaskan pula mengkhawatirkan urusan dunia itu tidak akan sepi dari kegelapan dalam hati, sedangkan mencemaskan urusan akhirat tidak akan sepi dari cahaya dalam hati, dan bekas cahaya itu akan nampak didalam shalatnya.

Mencemaskan dunia dapat mencegah dari berbuat yang baik,sedangkan mecemaskana khirat dapatvmencemaskan mendorong untuk berbuat baik.

Menyibukkan diri melaksanakan shalat dengan khusyu' dan menyibukkan diri dengan mencari ilmu itu dapat menghilangkan rasa susah,cemas dan sedih.

Sebagaimana dikatakan oleh Syekh Al-Imam Nasru bin Hasan Al-Margibani dalam (gubahan Syairnya):

Mintalah pertolongan wahai Nasru bin Hasan di setiap mencari ilmu pasti kamu akan dijaga.

Demikian itu yang menghilangkan kesedihan,dengan selain cara itu tidak akan menjamin bisa.

Syeikh Imam Al-Aljal Najamuddin Umar Bin Muhammad Annasfi mengutarakan sebuah syair mengenai amat mustauladah milik beliau:

Salam untuk wanita yang telah menundukanku atau membuatku terpesona atas parasnya yang catik, berkliau kedua pipinya, dan atas kedipan matanya yang menggoda.

baca juga:cara menguatkan hafalan

Wanita muda nan telah menawanku atau memenjara hatiku dan membuatku terposeona, kacau angan-anganku atas keadaan sifat-sifatnya yang sempurna.

Saya pun berkata:

Tinggalkan aku dan maafkan aku,karena sungguh-sungguh saya memilih cinta untuk menraih imu-ilmu agama dan membuka tabirnya (hal-hal yang rumit dalam ilmu).

Cukup hagiku sebagai santri yang yang menuntut ilmu, keutamaan dan takwa, tidak butuh nyanyian wanita-wanita cantik baunya yang sangat wangi.

Adapun penyebab lupa hafalan al-quran dan lupa pada hafalan ilmu adalah: memakan ketumbar yang basah, buah apel yang kecut, melihat kepada sesuatu yang di salib, membaca tulisan dibatu nisan kuburan,berjalan diantara deretan onta- onta,membuang kutu yang masih hidup ketanah,membekam lubang di tengkuk.

Maka jauhilah semua itu,karena yang demikian itu dapat mengakibatkan kita semua pelupa.

SEKIAN....

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penyebab Lupa Hafalan Al-quran"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel