-->

PROFIL SINGKAT UMMI DAYAH PALOH GADENG

Abu paloh gadeng ulama kharismatik aceh

Darulihtidaulislam.com- Allahyarham Abu Paloh Gadeng berkeluarga dengan Ummi Hj. Tgk. Safiatuddin binti Abdul Wahab, Ummi lahir di Peulumat, Aceh Selatan pada tahun 1964. 

Ayah Ummi bernama Tgk Abdul Wahab bin Muhammad  Shaleh merupakan lulusan Darussalam Labuhan Haji, satu leting dengan Abu BUDI Lamno, Ibunya bernama Tgk Nurhaidah asal Gunung Rotan, Peulumat , Aceh Selatan, alumni Darussalam Labuhan Haji, beliau termasuk khadim yang mengasuh anak-anak Abuya Darussalam. 

Setelah berkeluarga, Abu Wahab pulang ke kampung halamannya, mendirikan Dayah Madrasah Darul Huda di Gampong Tanjongan, Jangka Bireuen. Dayah tersebut aktif kegiatan belajar mengajar sehingga Abu Wahab wafat sekitar tahun 1986 

Ketika beliau wafat, dayah sempat vakum beberapa tahun, setelah Allahyarham Abu Paloh Gadeng berkeluarga dengan ummi, beliau sempat mengasuh pengajian di dayah tersebut, kemudian dipimpin oleh Allahyarham Abu Z Matang, beliau merupakan alumni dan murid Abu Wahab sebelum belajar ke Lamno, pada tahun 1995 sampai saat ini dayah dipimpin oleh adik ummi Tgk M Amin Abdul Wahab. 

Ummi merupakan anak tertua dari lima bersaudara.

1. Hj Safiatuddin 

2. Tgk M Amin

3. Asma

4. Mariah

5. Tgk Baizawi Tafsir 

Setelah menyelesaikan pendidikan dasar di MIN Tanoh Anoe, ummi melanjutkan pendidikan di Dayah Darul Ulum Tanoh Mirah selama 5 tahun, dari kelas 1 sampai kelas 5, Ummi belajar dibawah asuhan guru malam Tgk Nurmalis Ahmad, Tgk Nurmalis Ahmad adalah adik kandung Abu Paloh Gadeng yang alim. 

Dalam satu kesempatan, Abu BUDI Lamno berjumpa dengan ayah Ummi, Abu meminta kepada ayah ummi agar putrinya diantar ke dayahnya yang baru, setelah meminta izin dari Abu Tanoh Mirah, ummi pindah ke Dayah BUDI Lamno pada tahun kedua berdirinya Dayah Putri BUDI Lamno (MIS BUDI). 

Di Dayah Putri BUDI Lamno, ummi belajar langsung malam pada Abu BUDI, subuh pada Aba Asnawi, Ummi juga mendapat kepercayaan dari Abu BUDI untuk mengajar para thawaleb Dayah Putri. 

Selama di Lamno, selain aktif belajar mengajar di dayah, Ummi juga aktif sebagai da'iyah (penceramah) di majlis pengajian wanita di kampung di sekitaran Lamno dan Lhoong Aceh Besar, 

Setelah 6 tahun di Lamno, ummi kemudian berkeluarga dengan Abu Paloh Gadeng pada tahun 1988 atas petunjuk dari Abu Tumin, dikaruniai keturunan 4 orang putra dan 4 orang putri.

Kakek ummi Tgk M Shaleh dan ayah Abu Paloh Gadeng yaitu Tgk H Ahmad merupakan murid dari Tgk Mahmud Hanafiah (ayah Abu Tumin Blang Bladeh), Abu dan Ummi juga memiliki ayah rohani yang sama yaitu Abu Tanoh Mirah. 

Ummi seorang istri yang sangat sabar dan penurut, apapun keputusan dari Abu tidak pernah diperdebatkanya, hal ini pula menjadi pendorong suksesnya Abu dalam melayani umat. 

Semoga Allah SWT senantiasa mencurahkan rahmat dan ampunan untuk Allahyarham Abu Paloh Gadeng, orang tua dan guru- guru yang telah mendahului kita.

Hari ini 44 hari Allahyarham Abu Paloh Gadeng berpulang ke rahmatullah, mari kita mengirimkan pahala dan doa terbaik kita semoga Allah SWT menempatkan beliau dalam sebaik-baik tempat disisi-Nya. 

Sekian

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PROFIL SINGKAT UMMI DAYAH PALOH GADENG"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel