-->

Jejak Islam Di Rusia

Jejak Islam Di Rusia

Darulihtidaulislam.com- Beberapa tahun mendatang negara rusia di prediksi akan menjadi negara islam seiring dengan meningkatnya jumlah umat muslim disana berbeda halnya pada masa komunis,saat ini umat muslim di rusia bebas menjalankan agama islam.

Di negara rusia agama islam menjadi agama kedua paling banyak dianut setelah agama kristen ortodoks jumlah kaum muslim di rusia terus bertambah dari tahun ke tahun saat ini lebih 30 juta penduduk rusia menganut islam.

Di rusia islam di anggap sebagai salah satu agama tradisional warisan sejarah suku dagistani diketahui sebagai kaum muslim pertama di rusia mereka memeluk islam setelah arab menaklukkan negeri ini di abad kedelapan, wilayah muslim pertama di rusia adalah volga bulgaria bangsa tartar asal gurun gobi mewarisi agama islam ke orang-orang eropa dan turki kaukasia.

Pada zaman pemerintahan komunis umat muslim di rusia dilarang membawa mushaf al quran, semua mesjid ditutup namun kehidupan muslim di rusia saat ini jauh lebih baik, untuk pertama kalinya dalam sejarah rusia pemimpin vladimir putin memasukkan menteri muslim dalam kabinetnya dan mengakui exsistensi muslim di negeri ini.

Perkembangan islam kian pesat pada tahun 900 san pada tahun 904  dibangun mesjid pertama di rusia yaitu mesjid caltedral moskow,bangunan mesjid sempat di robohkan pada tahun 1978.

Saat ini tengah dibangun mesjid baru di lokasi yang sama dengan ukuran yang lebih besar agar bisa menampung jamaah yang semakin banyak diperkirakan pembangunan mesjid akan selesai di tahun 2015 mesjid ini juga di juluki mesjid tartar karena didominasi arsitektur tartar.

Pada tahun yang sama berdiri pula mesjid yang dikenal sebagai saksi jejak Bung Karno di rusia,mesjid bersitektur asia tengah warna biru yang cantik ini masih berfungsi hingga kini sekitar tahun 1990 pemerintah rusia sempat menjadi mesjid ini sebagai gudang saat itu semua tempat ibadah seperti gereja ortodoks dan mesjid tidak boleh digunakan untuk beribadah.

Namun di tahun 1996 saat kunjungan presiden sukarno ke moskow presiden sukarno meminta agar pemerintah rusia agar mengembalikan fungsi mesjid ini sebagai tempat beribadah umat muslim.

Perkembangan islam di rusia juga di tandai dengan berdirinya pusat koordinasi urusan agama islam bahkan ada pula sejumlah universitas islam dan madrasah di beberapa wilayah di rusia dan juga diperkirakan di tahun 2050 nanti rusia akan menjadi negara besar islam

aminn...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jejak Islam Di Rusia"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel