5 Langkah Supaya Bebas Hutang


Darulihtidaulislam.com- Masalah hidup aja udah berat mikirnya apalagi sampai terlilit hutang pusing nggak tuh belum lagi gara-gara hutang ada yang menghabiskan nyawa sendiri banyak banget ya dampak yang bisa terjadi hanya gara-gara hutang.

Ingin bisa melunasi hutang ikuti 5 langkah berikut ini :

1. Mengakui Masalah

Di mana ada hutang di situ pasti diawali dari sebuah masalah gara-gara ada anggota keluarga yang sakit akhirnya harus mengeluarkan banyak uang untuk biaya rumah sakit, anak ingin masuk sekolah akhirnya harus mengeluarkan banyak uang untuk biaya sekolah.

Bahkan sering yang nggak bisa disadari nihh hutang untuk menunjang gaya hidup hanya untuk bisa dapat like di Instagram, untuk bisa menemukan solusinya kamu juga harus sadar dulu bahwa ada sesuatu yang salah yang menyebabkan kamu mengalami lilitan hutang tersebut karena selama kamu tidak mau mengakui bahwa itu adalah sebuah kesalahan kamu pun tidak akan mungkin menemukan solusinya.

Selama kamu merasa "orang yang hidupkan memang harus seperti itu, hutang sana-sini biasalah" akhirnya nanti jadi kebiasaan, dan kebiasaan menghutang itulah nantinya akan menghancurkan masa depan kamu juga masa depan keluarga kamu sendiri,Jangan jadikan hutang sebagai Kebiasaan kalau tidak mau hidup kamu berada pada kacamata.

2. Menghitung

Ingat kamu juga harus tahu dulu dengan jelas buat listnya perhitungannya apa saja hutangnya, hutangnya di mana saja, berapa hutang pokoknya dan juga berapa bunganya, Itu juga semua cash flownya pendapatan kamu setiap bulan berapa, pengeluarannya juga berapa,termasuk hitung juga aset yang kamu miliki saat ini barang-barang berharga apa aja nih yang kamu miliki sekarang dan Berapa besar nilainya,karena sama halnya seperti banyak jalan menuju kesuksesan akan ada banyak jalan juga menuju bebas hutang.

Dan ingat tuliskan semua perhitungan itu di atas kertas karena disinilah baru kamu bisa melihat dan dari situlah baru kamu bisa menentukan solusi-solusi apa nih yang bisa kamu lakukan untuk mengambil langkah selanjutnya.

3. Mengikhlaskan

karena ikhlas itu merupakan hal terpenting sebelum melakukan semuanya karena mungkin ada beberapa solusi yang nanti menjadi berat untuk kamu lakukan, gunakan rumah yang sekarang ini kamu tinggalkan untuk dijual semua itu harus di Iklaskan mungkin juga udah beberapa omongan orang yang sekarang akhirnya tahu bahwa kamu memiliki hutang kamu pun aku juga harus menurunkan gaya hidup.

Kalau kamu sekarang sedang terlilit hutang karena membeli mobil buat keren-kerenan, tapi kamu sadar bahwa sebenarnya kamu nggak mampu untuk membeli dan membayar mobil cicilan itu mobil itu pun mungkin harus diikhlas- kan, tidak naik motor juga nggak papa, Iklaskan.

Terus kalau jadi miskin gimana dong? diejek sama temen-temen ikhlaskan itu bagian dari konsekuensi yang harus kamu terima kamu harus bisa melepaskan beban itu nggak papa miskin nggak masalah karena lebih baik mengejar masa depan dengan kesederhanaan daripada dikejar hutang dan masa depan hanya tinggal kenangan.

4. Meminta Bantuan 

Minta bantuan bisa menjadi solusinya cepat untuk melunasi hutang tapi bukan berarti kamu meminta bantuan orang lain untuk melunasi hutang-hutang kamu ya ,ingat hidup kamu adalah tanggung jawab kamu hutang kamu juga adalah tanggung jawab.

Tapi walaupun begitu bukan berarti kamu nggak boleh meminta atau menerima bantuan tapi ingat meminta bantuan juga enggak melulu masalah duit,ngak ada salahnya nih kamu mencari orang ataupun pihak ketiga yang bisa membantu kamu seperti konsultan keuangan atau orang-orang yang memang terlibat dalam hutan tersebut.siapa tau bisa membantu meringankan beban kamu dengan membuat sistem pembayaran yang lebih terjangkau atau lebih memudahkan.

tapi ingat, tidak ada hutang yang terlalu besar yang tidak bisa kamu selesaikan karena pastinya kamu pun juga punya tuhan yang besar yang akan membantu menolong kamu dan membuka jalannya asalkan kamu juga mau melakukan kewajiban sebagai seorang manusia 

5. Mengubah kebiasaan 

Coba pikir-pikir hutang ini sebenarnya Asal dari mana sih bisa aja kan ada tindakan kamu yang salah pola pikir kamu yang salah atau bahkan kebiasaan-kebiasaan yang salah.jadi jangan sampai udah susah-susah mencari solusi untuk bayar hutang, tapi gara-gara kebiasaan lama enggak dirubah akhirnya nyebur lagi deh ke lubang yang sama.

 yuk. Kita coba ubah kebiasaannya menjadi kebiasaan yang lebih baik lagi

ingat nggak perlu deh, jadi orang keren tau nggak sih keren itu apa Kere+N alias hutang.

ingat ya, Jangan malu terlihat sederhana, tapi malulah ketika kamu pura-pura kaya berapa formula simple Hidup itu harus selalu satu level di bawah kemampuan Jadi kalaukemampuannya cuma segini nih jangan sampai gaya hidupnya uang di atas bahkan lebih jauh lebih tinggi daripada kemampuannya.

 jadi inget ya kemampuan kamu segini berarti gaya hidup kamu tuh maksimal harus selevel dibawah kemampuan kamu kalau bisa makan di bawahnya lagi supaya nanti ada tabungan yang bisa kamu lakukan untuk mengupgrade masa depan kamu.

Jadi itu dia lima langkah bisa membebaskan kamu dari hutang semoga ini bisa berguna dan juga diimplementasikan ya kamu bisa segera lunas kamu bisa hidup.

Admin doakan semua hutang-hutang kalian bisa lunas supaya kalian bisa hidup tenang.

Amin.....

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Langkah Supaya Bebas Hutang"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel