Recep Tayyip Erdoğan Mengubah Hagia Sophia Menjadi Masjid

Recep Tayyip Erdoğan Mengubah Hagia Sophia Menjadi Masjid

Darulihtidaulislam.com- Negara Turki terletak di antara Eropa Tenggara dan Asia Barat ada sisa peradaban kuno arsitektur mengagumkan berpadu menghiasi Negeri cantik ini salah satunya adalah museum Hagia Sophia berdiri megah dikota tua istanbul  museum ini mewarsi arsitektur peninggalan kekaisaran Bizantium.

Sudah 80 tahun terakhir bangunan ini difungsikan sebagai museum,sebelumnya Hagia Sophia pernah digunakan sebagai gereja selama 900 tahun,Hagia Sophia bermakna kebijaksanaan suci yang dipercaya umat Nasrani sebagai salah satu sifat Isa Al masih.

Pada abad ke-15 saat Kesultanan Ottoman mengambil alih Konstantinopel Sultan mehmed II mengubah fungsi Hagia Sophia menjadi Masjid,Hagia Sophia pun menjadi tempat ibadah bagi umat muslim selama 500 tahun, namun setelah Republik Turki berdiri pada abad ke-20 presiden pertama Turki Mustafa Kemal ataturk menjadikan Hagia Sophia sebagai museum.

Ini menjadi hal unik bahkan sejumlah simbul dua agama saling berdampingan ini menjadi magnet bagi wisatawan " selama Hagia Sophia difungsikan sebagai masjid mozaik-mozaik simbol kristen seperti Bunda Maria di belakang saya ini ditutup dengan gips, gips ini baru dibuka pada tahun 1934 setelah Hagia Sophia difungsikan menjadi museum". kata salah satu wisatawan.

keindahan dan nilai sejarah Hagia Sophia menjadi daya tarik bagi wisatawan dari berbagai penjuru dunia.

Nah untuk kalian yang ingin mengunjungi museum Hagia Sophia siapkan uang 40 lira atau sekitar Rp 200.000 dengan segala daya tariknya Hagia Sophia masuk dalam daftar keajaiban dunia versi UNESCO, bahkan pada tahun 2015 Hagia Sophia menjadi objek wisata yang paling banyak dikunjungi di Turki dengan jumlah wisatawan sebanyak 3,47 juta orang.

Akhirnya keinginan presiden Turki yaitu Recep Tayyip Erdogan untuk mengonversi Hagia Sophia menjadi masjid dikabulkan pengadilan, dikutip dari CNN pengadilan membatalkan Dekrit Presiden 1934 yang merubah bangunan itu menjadi museum, setelah itu hanya dalam 2 jam Erdogan mengeluarkan Dekrit baru yang menyatakan Hagia Sophia resmi diubah menjadi pusat peribadatan umat muslim,lebih lanjut urusan terkait situs itu diserahkan kepada Direktorat Urusan Agama.

Recep Tayyib Erdogan orang nomor satu di Turki itu menggumumkan keputusannya pada Jumat 10 Juli 2020 dan meminta agar semua orang menghormati ini, Erdogan mengatakan Hagia Sophia bisa digunakan beribadah mulai Jumat 24 Juli 2020 mendatang,karena statusnya sebagai museum diubah kami membatalkan biaya masuk. katanya

Seperti semua halnya semua masjid pintunya akan dibuka untuk semua orang muslim atau non muslim sebagai warisan bersama dunia Hagia Sophia dengan status barunya akan terus merangkul semua orang dengan cara yang lebih tulus,kami akan memperlakukan setiap pendapat Yang disuarakan di panggung internasional dengan hormat tetapi cara Hagia Sophia akan digunakan yang berada di bawah hak kedaulatan Turki, Kami menganggap setiap langkah dan upaya yang melampaui menyuarakan pendapat merupakan pelanggaran kedaulatan kami, kata Erdogan.

Keputusan mengonversi Hagia Sophia menjadi masjid kembali disambut sukacita pendukung Islamic Turki dikutip dari blomred, seruan adzan bergaung dari menara-menara situs yang pernah menjadi Katedral itu setelah Erdogan mengumpulkan dekrit baru.

Jubir kepresidenan Turki Ibrahim kali mengatakan bahwa Hagia Sophia akan selalu menjadi warisan dunia membuka Hagia Sophia untuk beribadah tidak akan menghentikan turis lokal atau asing mengunjungi situs ini kata kali jadi kerugian dari warisan dunia tidak dipertanyakan tambahnya kali mengatakan Turki akan melestarikan ikon Kristen didalam Hagia Sophia.

Mungkin hanya ini dari admin dimana yang kurang beritanya tentang Hagia Sophia yang di ubah menjadi Masjid oleh presiden turki recep tayyib erdogan silahkan kalian berkomentar dibawah.

Wallahualam

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Recep Tayyip Erdoğan Mengubah Hagia Sophia Menjadi Masjid"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel