-->

ORANG PINTAR VS ORANG BIJAK

ORANG PINTAR VS ORANG BIJAK

Darulihtidaulislam.com- Tersebut di dalam alquran Allah menciptakan hambanya dengan sebagus-bagus bentuk dan Allah juga memberikan akal kepada umat manusia ini sehingga dengan adanya akal kita menjadi orang pintar (smart people) dapat memilih di antara baik dan buruk.

Kepintaran itu bagaikan celana dalam (Cd) penting untuk digunakan tapi tidak perlu dipamerkan,bangga pasti rasanya bisa menjadi smart people alias orang pintar, tapi ingat, jangan hanya cukup jadi smart people tapi jadilah juga wise people (orang bijak).

Berikut adalah bedanya orang pintar dan orang bijak...

Pertama, orang pintar selalu tahu apa yang diucapkannya dia bisa mencerna informasi dan meresponnya kembali dengan sangat cepat ucapannya lugas dan juga tajam ,sedangkan orang bijak akan hati-hati dengan ucapan dia akan memikirkan terlebih dahulu Apakah ucapannya itu bermanfaat ? apakah akan menyinggung perasaan orang lain ? apakah itu perlu untuk diucapkan? Karena orang bijak tahu betul bahwa kata-kata lebih tajam dari pada pedang sekali melukai hati seseorang akan sulit penyembuhannya meskipun lewat kata maaf.

Kedua, orang pintar punya kemampuan dan kelebihan yang begitu besar dan dia sadar akan adanya kemampuan itulah yang membuat dia percaya diri bahkan terlihat bikin sombong dan angkuh, sedangkan orang bijak juga punya kemampuan dan kelebihan yang besar tapi dia juga sadar bahwa dia tidak sempurna dan memiliki kekurangan,itulah yang membuat orang bijak tetap rendah hati dan terus belajar.

Ketiga, orang pintar mengandalkan logika mengandalkan pengetahuannya dalam berpikir dan mengambil keputusan,sedangkan orang bijak berpikir bukan hanya dengan logika saja tapi juga menggunakan perasaan dan intuisinya dia akan mempertimbangkan berbagai kemungkinan sebelum mengambil keputusan.

Ke empat, orang pintar merasa selalu benar dia sulit menerima pemikiran orang lain yang berbeda seringkali terlibat dalam argumen dan bahkan kadang memaksa orang lain untuk menerima pola pikirnya, sedangkan orang bijak bisa menerima perbedaan antara orang lain dan dirinya orang bijak punya toleransi yang tinggi karena dia sadar bahwa setiap orang berbeda. Kalau ada pemikiran orang lain yang menurutnya lebih benar dia tidak akan sungkan untuk menerima pemikiran tersebut.

Kelima, orang pintar minta maaf ketika dirinya berbuat salah, tapi orang bijak bisa minta maaf walaupun dia tidak salah.

Ke enam, orang pintar banyak berbicara sedikit mendengarkan, orang bijak lebih banyak mendengarkan dan berbicara ketika diperlukan.

Ke tujuh, orang pintar tahu banyak tentang banyak orang,sedangkan orang bijak tahu banyak tentang dirinya sendiri.

Ke delapan, orang pintar tahu apa yang harus diucapkan,Orang bijak tahu apakah hal itu harus diucapkan atau tidak.

Ke sembilan, orang pintar menyelesaikan masalah yang terjadi, namun orang bijak mencegah terjadinya masalah.

Ke sepuluh, orang pintar mampu membela diri supaya tidak terlihat salah tapi orang bijak mampu merendahkan hati dan mengakui bahwa dia salah.

Mungkin sekarang kamu bertanya-tanya kira-kira kamu termasuk yang mana ya smart people atau wise people (orang pintar atau orang bijak) memang penting untuk menyadari sekarang kamu termasuk yang mana tapi lebih penting lagi untuk kamu bisa memilih.

Setelah kalian baca artikel ini kamu mau jadi yang mana (is not easy to be white) memang tidak mudah untuk menjadi orang yang bijaksana karena sama seperti saya kita semua adalah manusia yang tidak sempurna tapi seperti yang selalu saya bilang keteman-teman "tidak mudah bukan berarti tidak bisa" hidup adalah tempatnya untuk belajar disinilah kita sama-sama belajar dan mengingatkan satu sama lain jadi ingin berada di smart And the wise jadilah bukan hanya orang pintar tapi juga orang bijak OK

Wallahualam...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "ORANG PINTAR VS ORANG BIJAK"

  1. Kadang yang pintar tidak mencerminkan kebijakan. Tapi dalam kebijakan, tercermin kepintaran. Masukkkk pak eko . . . .

    BalasHapus
  2. Ya benar tuh ,karena yang bijak lebih piaway dalam memilih

    BalasHapus

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel