-->

Sejarah Masjidil Haram Tempat Tersuci Umat Islam

Mesjidil haram,mesjid makkah

Darulihtidaulislam.com- Sahabatku yang beriman mesjid adalah salah satu tempat ibadah kita bermunajat kepada Allah Swt dan keistimewaan didalam mesjid  dapat dipergunakan untuk ibadah beriktikaf.

Oleh sebab itu ada tiga mesjid yang mendapatkan kemuliaan dan keistimewaan disisi Allah Swt yaitu Masjidil Haram dikota makkah al-mukarramah,Masjid Nabawi dikota madinah al-munawwarah dan Masjid aqsa di palestina.

Berada di kota Makkah al-mukarramah Masjidil Haram merupakan masjid pertama yang dibangun di muka bumi sejarah Masjidil Haram tak lepas dari pembangunan ka'bah yang merupakan arah kiblat bagi umat muslim dalam melaksanakan ibadah shalat.

Namun sebagian Muslim percaya Ka'bah dibangun sejak Nabi Adam sedang sebagian lain baru dibangun oleh Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail,bangunan Ka'bah ini sempat rusak akibat banjir yang terjadi pada masa Nabi Nuh kemudian Ka'bah dibangun kembali oleh Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail hingga pada masa Nabi Muhammad.

Yang dimaksud Masjidil Haram adalah Hamparan tanah di lembah seluas 1500 hingga 2000 meter persegi dengan bangunan Ka'bah di tengahnya pada masa pembebasan Kota Mekah Rasulullah tidak melakukan renovasi melakukan hanya menyingkirkan patung-patung di sekitar Ka'bah.

Pada masa kekhalifahan Umar Bin Khattab barulah melakukan perluasan lokasi Masjidil Haram di tahun 634 hingga tahun 644 masehi. Umar Bin Khattab juga memerintahkan pembangunan dinding pembatas dan pintu-pintu masjid termasuk melapisi lantai tempat thawaf dengan batu kerikil.

Pembangunan Masjidil Haram pun terus dilanjutkan oleh khalifah dan kekhalifahan berikutnya selain menjadi lokasi Ka'bah Masjidil Haram merupakan tujuan utama ibadah haji rukun haji thawaf dan Sa'i dilakukan di sini berada di tanah Haram atau tempat di bumi yang paling dicintai Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Masjidil Haram dijaga oleh puluhan malaikat kawasan ini tidak dapat dimasuki oleh Dajjal atau Almasih palsu,melaksanakan salat di Masjidil Haram mendapatkan 100000 kali lipat kebaikan dibandingkan melaksanakan salat di masjid lain kecuali Masjid Nabawi dan Masjidil Aqsa saat ini masjidil haram merupakan masjid terbesar dan termegah di dunia.

Dengan Luasnya 350000 M2 ini terdiri dari 3 lantai dan mampu menampung hingga 1000000 orang karena begitu luasnya bahkan pendaran cahaya yang berasal dari Kompleks Masjidil Haram dapat terlihat dari luar angkasa sehingga membuat kota Mekah menjadi salah satu tempat paling terang di bumi selain kota Madinah.

Wallahualam...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sejarah Masjidil Haram Tempat Tersuci Umat Islam"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel