Kisah Dicabutnya Kerajaan Nabi Sulaiman

Kerajaan Nabi Sulaiman

Darulihtidaulislam.com- Sahabatku beriman Nabi Sulaiman dikenal memiliki kuasa atas jin dan hewan begitu juga dengan kekayaan yang dimiliki,beliau juga memiliki kerajaan yang tak ada bandingannya namun taukah anda jika kekuasaan Nabi Sulaiman sempat dicabut.

Mengapa hal itu bisa terjadi ? Lalu apa yang dilakukan Nabi Sulaiman untuk kembali ke posisinya semula? Simak ulasannya tentunya hanya di Darul Ihtidaul Islam.Kisah dicabutnya kekuasaan Nabi Sulaiman diabadikan dalam kitab Bada’i al-Zuhur fi Waqa’i al-Duhur  karya Muhammad bin Ahmad Al Hanafi.

Suatu kali Nabi Sulaiman bersama pasukannya berperang melawan kerajaan Yunani beliaupun memenangkan peperangan itu di antara tawanan perang dari Yunani itu terdapat seorang gadis rupawan yang memikat hati Nabi Sulaiman beliau pun mempersunting gadis tersebut.

Suatu hari terlihat Gadis itu tak baik-baik saja Nabi Sulaiman pun bertanya Apa yang sedang kau pikirkan Wahai istriku ternyata sang istri teringat ayahnya yang sudah tiada.Oleh karena itu dia (Gadis) meminta suaminya (Nabi Sulaiman) menyuruh Jin untuk membuatkan patung yang mirip dengan ayahnya.

Hal itu dimaksudkan agar kesedihan sang istri hilang karena kasih sayang terhadap istrinya Nabi Sulaiman mengabulkan permintaan itu.Nabi Sulaiman memberi perintah kepada Jin ifrit yang bernama Shakhr Al-marid untuk membuat patung dan Jin itu pun melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Sepeninggal Nabi Sulaiman dan tentaranya istrinya dan para tawanan wanita lainnya pun menyembah patung itu hal ini berlangsung selama 40 hari.Nabi Sulaiman tak mengetahui hal tersebut namun wakil kerajaan Nabi Sulaiman mengetahuinya yang bernama Ashif bin berkhaya.

Dia (Ashif bin berkhaya ) ini juga sering memberikan nasihat kepada Bani Israil Jika ia menyebutkan nama-nama nabi dan nasehatnya ia memujinya,namun lain halnya jika menyebut nama Nabi Sulaiman tak ada pujian untuk beliau
Hal ini pun terasa janggal bagi nabi Sulaiman.

Seusai memberi nasihat Nabi Sulaiman menghampiri Ashif bin berkhaya beliau bertanya. Kenapa kamu tak menyebutkanku bersama deretan orang-orang yang kau sebutkan tadi?

Lalu Ashif bin berkhaya menjawab Bagaimana mungkin aku menyebutkan mu bersama Mereka karena di rumahmu sendiri ada patung yang disembah selama 40 hari kamu buat patung itu (dengan perintah kepada jin Shakhar Al-marid) hanya untuk memenuhi permintaan seorang wanita.

Mengetahui hal itu Nabi Sulaiman lalu memberi perintah kepada pasukannya untuk menghancurkan patung tersebut gadis yang dinikahinya pun dihukum atas kesalahannya kemudian Nabi Sulaiman masuk ke dalam ruang ibadahnya beliau menangisi kekhilafannya.

Karena kesalahan yang dilakukan Allah menghukum Nabi Sulaiman dengan melepaskan kekuasaannya hal itu berlangsung Sama persis dengan waktu penyembahan berhala yaitu 40 hari.Hal ini membuat Nabi Sulaiman bertaubat karena menggunakan kekuatan Jin bukan untuk tujuan dakwah.

Selama 40 hari itu beliau menjadi nelayan untuk mendapatkan makan di lautan namun masyarakat tidak mengetahui hal tersebut.

Juga didalam kitab tafsir Al wajiz disebutkan bahwa kerajaan Nabi Sulaiman juga pernah dirampas oleh Jin hal ini karena ia menikahi seorang wanita yang menyembah berhala kendali atas kerajaan Nabi Sulaiman terdapat di sebuah cincin.

Cincin itu pernah jatuh ke tangan Jin yang menyerupai beliau
Nabi Sulaiman pun muncul dan melihat telah ada yang duduk di singgasana nya.

Nabi Sulaiman mengatakan dialah Nabi Sulaiman yang benar namun orang-orang tidak percaya pada akhirnya beliau bisa mendapatkan singgasananya kembali dengan merebut cincinnya.

Nah Sahabat beriman itulah kisah tentang kekuasaan Nabi Sulaiman yang pernah dicabut. Hal ini disebabkan oleh seorang wanita yang tak lain adalah istrinya sendiri Tak hanya itu,kerjaannya juga pernah dirampas oleh jin yang sengaja menyerupai beliau.Tentu saja semua hal itu terjadi atas kuasa Allah Swt.

Wallahualam

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Kisah Dicabutnya Kerajaan Nabi Sulaiman"

  1. Wanita memang penghancur laki2 ternyata sdah terjadi dari jaman nabi terdahulu

    BalasHapus
  2. Ya benar ,karena tipu daya wanita lebih besar dripda tpu daya syaitan

    BalasHapus

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel