Lintas Sejarah Aceh

Sejarah Aceh

Darulihtidaulislam.com- Aceh yang terletak di paling ujung pulau Sumatera sekarang merupakan salah satu provinsi dari Negara Indonesia yang disebut dengan provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Aceh sebelum bergabung dengan Indonesia pada tahun 1945 adalah merupakan wilayah kerajaan Islam yang beribukotakan Banda Aceh. Di masa-masa kerajaan Islam, Aceh telah terkenal sebagai salah satu negara yang makmur dan termasuk lima negara Islam terkuat di dunia yaitu Aceh, Agra, Marokko,Istanbul dan Isfahan.

Di sast Aceh merupakan negara Islam termaju dikawasan Asia tenggara, Aceh telah menjadi rujukan umat Islam di kawasan ini Bila mereka menemukan kesulitan-kesulitan dalam bidang agama mereka akan merujuk ke Aceh.

Sejumlah penuntut ilmu agama telah menjadikan Aceh sebagai tujuan mereka unnuk menimba ilmu. Bahkan ketika mereka ingin menunaikan ibadah haji, mereka lebih yakin jika singgah lebih dahulu di Aceh untuk ilmu, kemudian baru bertolak ke Mekkah untuk menunaikan ibadahnya.Dari peristiwa-peristiwa inilah kemudian banyak orang menduga sebagai sebab orang menamakan Aceh sebagai Serambi Mekkah.

Bagaimana sesungguhnya sejarah latar belakang disebutnya Aceh sebagai Serambi Mekkah tidak banyak yang tahu,
kendatipun banyak orang sudah sering menyebut-nyebut bahwa Aceh merupakan Serambi Mekkah.

Lebih-lebih lagi untuk generasi muda sekarang, mereka tidak memiliki referensi khusus untuk mengetahui sejarah ini. Di tambah lagi dengan kondisi sekarang setelah peristiwa Gempa
dan Gelombang Trunami.Sejumlah gedung telah porak-poranda dan terbawa air, sermasuk gedung perpustakaan dan Pusat Dokumentasi Islam Aceh (PDIA) yang khusus menyimpan sejumlah buku-buku dan dokumen sejarah Aceh.

Berdasarkan hal tersebut dirasakan sangat penting adanya sebuah penulisan berdasarkan penelitian mengenai Aceh sebagai Serambi Mekkah.Menyempurnakan selain ingin memberi informasi yang akurat kepada anak bangsa melalui penulisan sejarah ini.Hal ini juga dapat digunakan untuk menghindari timbulnya informasi yang keliru dari surmber-surmber yang tidak akurat.

Seperti diaku oleh mantan Menteri Agama RI, H. Alamsyah Ratu Perwiranegara bahwa penulisan tentang sejarah Islam di Indonesia selama ini masih di dominasi oleh versi sarjana-sarjana Barat yang dalam penilaian kita banyak terdapat kekeliruan, baik disengaja ataupun tidak.

(sumber: aceh dan serambi makkah)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Lintas Sejarah Aceh"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel