Menuntut Ilmu di Universitas Islam Madinah

Universitas Universitas islam

Darulihtidaulislam.com- Sahabat beriman jumpa lagi disini bersama admin pada kali ini kita ingin  membahas tentang Universitas islam yang ada di negara jazirah Arab.Universitas-universitas Islam sangat banyak dan megah disana.

Diantara lain seperti dimesir yang terkenal dengan nama kampusnya Al-azhar, di Libya terkenal dengan Universitasnya yaitu Universitas Tripoli,Misurata University dll,Dan masih banyak lagi negara Islam di arab dengan nama universitasnya yang besar dan megah.

Karena banyak teman saya yang bertanya tentang Universitas-universitas yang ada di Madinah pastinya sangat menarik kita bahas pada kesempatan ini adalah Universitas yang terdapat di kota Madinah.Madinah adalah kota ilmu sejak masa Rasulullah hingga kini Madinah menjadi kota tujuan bagi para pelajar muslim untuk mempelajari Islam, di kota ini pulabbberdiri  sebuah kampus ternama yakni Universitas Islam Madinah.

Dulunya kota ini bernama Yatsrib setelah hijrahnya Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam nama Yatsrib kemudian diubah menjadi Madinah selanjutnya kota ini terus berkembang menjadi pusat pemerintahan sekaligus pusat dakwah dan pendidikan Islam.

Madinah adalah kota ilmu, tak heran jika sejak zaman Nabi hingga kini Madinah selalu menjadi salah satu tujuan utama para pelajar dari seluruh penjuru dunia untuk mempelajari Islam, salah satu perguruan tinggi ternama yang menjadi pusat pendidikan agama Islam di Madinah adalah Universitas Islam Madinah atau Al Jami'ah Al Islamiyah bil Madinah Munawwarah.

Universitas Islam Madinah dibangun pada tahun 1961 di masa pemerintahan raja Saud bin abdulaziz Universitas ini didirikan sebagai lembaga untuk menyampaikan risalah Islam melalui dakwah serta untuk menjaga warisan warisan Islam seperti melalui pendidikan sarjana pasca sarjana dan penulisan karya karya ilmiah.

Saat ini ada ratusan mahasiswa Indonesia yang tengah menempuh pendidikan di Universitas Islam Madinah mulai dari jenjang S1 S2 hingga S3 sebagian besar dari mereka mengambil studi Islam di fakultas syariah yang merupakan fakultas pertama yang berdiri di Universitas ini.

Suasana perpustakaan di Universitas Islam Madinah ini sungguh tenang karena koleksi buku-bukunya sangabanyak,perpustakaan kampus ini menjadi salah satu perpustakaan kampus terbesar di Asia umumnya.Koleksi buku di sini bertuliskan huruf Arab gundul unik dari sekian banyak koleksi buku di sini tak satupun buku yang membahas tentang filsafat.

Pemerintah Arab Saudi mempunyai kebijakan tersendiri untuk tidak mengadakan fakultas filsafat seluruh universitas yang ada di negeri Madinah.

Nama Universitas islam lain yang terdapat di kota Madinah yaitu:
Madinah College of Technology
University of Prince Mugrin
Universitas Taibah.

Kalau sahabat beriman punya informasi berita lain seputar Universitas islam di kota Madinah silahkan tulis dikolom komentar

Wallahualam....

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Menuntut Ilmu di Universitas Islam Madinah"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel