Susah Tidur ? Ini Doanya

tidur
   temani kami selalu disini

Darulihtidaulislam.com- Tidur merupakan kebutuhan mutlak bagi setiap manusia.Tidur sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan istirahat, agar tubuh kita tetap fit untuk melaksanakan segala aktifitas.Namun di era modern, banyak manusia mengalami kesulitan tidur atau dalam istilah kesehatan disebut insomnia.

Secara sederhana penyakit susah tidur dapat diartikan sebagai suatu keadaan dimana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur secara berulang, meski ada kesempatan dan waktu untuk melakukannya (tidur). Keadaan ini tentu berdampak buruk terhadap kesehatan dan aktifitas.

Di banyak negara, dengan tingkat jam kerja malam yang sangat padat, susah tidur sudah menjadi penyakit yang sangat mengganggu kehidupan.Banyak dari mereka kemudian
menjadikan obat tidur sebagai solusi, meski harus menanggung resiko dari efek samping yang ditimbulkan.

Ironisnya, kondisi ini (sulit tidur dan kemudian minum obat) juga dilakukan oleh umat Islam di Aceh.Banyak dari kita lupa dan tidak lagi mengamalkan doa-doa yang diajarkan
Rasulullah Saw, saat sahabatnya mengalami susah tidur," kataTgk Mulyadi Nurdin Lc, Pimpinan Dayah Baitul Arqam Sibreh, dalam pengajian rutin di Rumoh Aceh Kopi Luwak, Jeulingke Banda Aceh.

Dalam pengajian yang mengangkat tema "Zikir yang Berkaitan dengan Tidur dalam Kitab Al-Azkar karya Imam Nawawi" ini,Tgk Mulyadi Nurdin memaparkan materi bersama Syech Zul
Anshary Lc, Direktur Dayah Baitul Arqam.

Kitab Imam Nawawi ini, kata Mulyadi, mengupas tentang doa dan zikir dari Rasulullah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari termasuk doa-doa yang berkaitan dengan tidur.

Sangat banyak doa dan zikir yang diajarkan oleh baginda Rasulullah contohnya didalam Kitab Al-Azkar Imam Nawawi yang khusus membahas tentang zikir dan doa ini, tebalnya mencapai 375 halaman.Untuk satu kegiatan saja, misalnya tidur, banyak doa-doa yang diajarkan oleh  baginda Rasulullah dan semuanya boleh diamalkan, minimal salah satunya.

Semua doa dan zikir yang ada didalam kitab ini bersumber cukup kuat, jadi jangan saling menyalahkan, saat ada yang membaca doa dalam redaksi yang berbeda," kata Tgk Mulyadi.

Zul Anshary menambahkan, berdasarkan hadits-hadits Rasulullah yang dikutip dalam Kitab Al-Azkar itu,salah satu kunci untuk mendapat tidur yang nyenyak adalah "ketenangan jiwa".

Ketenangan jiwa ini diperoleh melalui zikir dan penyerahan diri dengan sepenuhnya kepada Allah.Dan hampir semua doa yang diajarkan oleh Rasulullah berisi anjuran menyerahkan
diri dan semua urusan kehidupan kita kepada Allah.Jadi sebaiknya semua doa dipahami makna dan artinya," ujarnya.

Menjawab pertanyaan salah satu peserta yang mengalami penyakit "susah tidur", Tgk Mulyadi Nurdin kemudian mengutip satu riwayat dalam Kitab Al-Azkar, ketika Rasulullah yang mengajarkan Zaid bin Tsabit yang mengeluhkan susah tidur.
Ringkasnya, dalam hadits itu Rasulullah mengajarkan doa kepada Zaid bin Tsabit dan setelah membacakan doa itu,
Zaid dapat kembali tidur dengan tenang.

Pengakuan dan penjelasan Zaid bin Tsabit  inipun ditulis dalam Kitab Ibnu Sunni yang dikutip oleh Imam Nawawi dengan kalimat "Lalu saya membacanya.kemudian Allah menghilang apa yang saya alami.Rasulullah Saw mengajarkan doa kepada Zaid bin Tsabit berbunyi:

Artinya Ya Allah ya rabku, bintang-gemintang mulai telah redup, semua mata-mata telah memejam dan Engkau Maha Hidup lagi Maha Terus-menerus mengurus makhluk. Tidak menimpa-Mu rasa kantuk dan tidur Wahai Dzat yang maha kekal , maha sempurna,yang Maha Hidup,dan Maha mengurusi makhluk, tenangkanlah malam diriku dan tidurkanlah dua mataku.

Selain sahabat Zaid bin Tsabit, susah tidur yang serupa ini juga pernah dialami oleh sahabat Khalid bin Walid Kepada Khalid yang mengadukan keadaan yang dialaminya, Rasulullah menganjurkan membacakan:
Artinya "Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan-Nya, dan dari kebArtinya "Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan-Nya, dan dari keburukan hamba-hamba-Nya, serta dari berbagai godaan syetan dan kehadirannya."

Ada juga terdapat banyak hadist-hadits lain yang mengajarkan berbagai macam doa dan zikir saat para sahabat Rasulullah menghadapi susah tidur. Intinya, sebagai muslim, sudah sepatutnya kita membacakan doa-doa yang diajarkan oleh Rasulullah Saw. saat menghadapi susah tidur.

Usahakan ketika membaca doa kita harus benar-benar menghayati dan menyerahkan diri serta segala unusan kepada Allah, agar jiwa kita menjadi tenang, dan dapat tidur nyenyak," pungkas Mulyadi Nurdin.

wassalam..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Susah Tidur ? Ini Doanya"

  1. Hampir tiap hari sih susah tidur baik di hari aktif kerja maupun libur. Jelas hal ini sangat menggangu saya disaat siang hari karena jam seharusnya aktif beraktifitas justru saya lesu dan sangat mengantuk. Pernah ada keinginan untuk beli obat tidur akan tetapi takut menimbulkan efek di kemudian hari. Jadi jika sulit tidur saya memutar musik atau membaca2 artikel namun hal tersebut belum terlalu membantu. Mungkin saya akan melakukan tips yang Anda tulis terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  2. Amin yarabbal alamin ya Allah

    BalasHapus

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel