Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peristiwa Yang Belum Pernah Kamu Ketahui Di Bulan Rajab

    kunjungi selalu situs kami www.Darulihtidaulislam.com

Bulan Rajab adalah salah satu bulan yang istimewa bagi seluruh umat beragama Islam. Pada bulan ini juga umat Islam yang taat akan berlomba-lomba dalam mengerjakan amlan shalih, karena pada bulan rajab tersebut Allah SWT menjanjikan berbagai ganjaran (berlipat ganda) kebaikan.

Pernah disebutkan sebelum masa kenabian, bulan Rajab menjadi bulan yang diistimewakan, diagungkan, dimuliakan oleh kaum Quraisy yaitu bangsa Arab.Berbicara tengtang kata Rajab biasa juga disebut 'Al-Ashabb' (الأصب) yang berarti 'yang mengucur atau yang menetes.Kenapa diberinama Al-Ashabb??  karena sebab banyaknya buah tetesan kebaikan yang terdapat pada bulan ini.

Baca juga : Sejarah darah menstruasi (haid)

Rajab juga disebut 'Al-Ashamm' (الأصم) atau 'yang tuli', tidak boleh ada bunyi senjata perang. Rajab adalah 'Rajam' (رجم) yang bermakna melempari setan sebagai bukti perlawanan kita kepada mereka.

Selain banyaknya pahala yang melimpah di bulan Rajab, pada waktu tersebut juga terjadi peristiwa-peristiwa besar dan bersejarah bagi  umat Islam.

Inilah lima daftar peristiwa besar di bulan Rajab yang perlu kamu ketahui:

1. Isra Mi’raj

Isra Mi’raj adalah mukjizat yang diterima Nabi Muhammad SAW. Isra Mi'raj adalah perjalanan yang ditempuh selama satu malam yang dilakukan oleh Rasulullah naik ke langit.Kejadian itudiawali dengan berangkatnya baginda Nabi bersama Malaikat Jibril as mulai dari Masjidil Haram hingga ke Masjidil Aqsa.

Lalu Nabi Muhammad saw dengan izin Allah swt naik ke langit sampai ke Sidratul Muntaha yang merupakan tempat tertinggi yang ada di langit dunia.Selama didalam perjalanan menuju langit, Nabi kita diperlihatkan juga dengan keindahan surga dan kekejaman neraka. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 27 Rajab.

2. Allah SWT mewajibkan shalat lima waktu

Pada peristiwa Isra Mi’raj baginda Rasulullah SAW juga mendapat perintah dari Allah SWT untuk mengerjakan shalat lima waktu untuk pertama kalinya. Hingga detik ini shalat merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan oleh seluruh umat Islam sebagai tiang agamanya.

3. Memenangkan Perang Tabuk

Di Bulan Rajab Rasulullah menang dalam Perang Tabuk.Peristiwa ini merupakan perang baginda Rasulullah melawan tentara Romawi yang terjadi pada 9 H / 630 M. Ketika terjadi perang, pasukan muslim terdiri dari 30 ribu orang dan menempuh perjalanan yang jauh dari Madinah menuju Syam. Mengetahui banyaknya tentara muslim yang dipimpin langsung oleh Rasulullah sendiri, membuat tentara Romawi merasa ketakutan dan memilih untuk mundur. Akibatnya umat Islam dapat menang dalam Perang Tabuk.

4. Pembebasan Baitul Maqdis Palestina

Perebutan negara palestina oleh Salahuddin Al Ayyubi di Alquds terjadi pada (2 oktober 1186 M) bertepatan dengan 27 Rajab tahun 583 H. Salahuddin berhasil mengalahkan Pasukan Salib yang pernah menduduki Tanah Suci Yerusalem selama berpuluh tahun. Atas bantuan yang datang dari Allah SWT, akhirnya Salahuddin dan tentara Muslim dapat dirubut kembali kota suci Baitul Maqdis.

Baca juga: Dimanakah Makam Sayyidina 'Ali ??

5. Berakhirnya masa kekhalifahan

Selain empat daftar peristiwa tersebut di atas,terjadilah pula peristiwa pada bulan Rajab seluruh masa kekhalifahan di muka bumi ini pun berakhir. Tepatnya pada 28 Rajab tahun 1342 Masehi. Kejadian peristiwa tersebut dicantumkan dengan runtuhnya dan berakhirnya pemerintahan Ottoman yang berada di Turki.

Peristiwa berakhirnya masa kekhalifahan disebabkan Presiden Mustafa Kemal Attaturk menghapus semua syariah Islam, dan mengganti hukum-hukum Islam dengan menerapkan pemahaman hukum Barat, serta menetapkan paham sekuler pada negara tersebut.
Bulan rajab,bulan sya'ban,bulan ramadhan

SEKIAN........
ariv yabarwiel
ariv yabarwiel " DUNIA TEMPAT DITINGGAL BUKAN TEMPAT TINGGAL " by : Arifullah

Posting Komentar untuk "Peristiwa Yang Belum Pernah Kamu Ketahui Di Bulan Rajab"