-->

kisah Nabi Uzair Yang Tertidur Selama 100 Tahun

      kunjungi selalu situs terbesar kami darulihtidaulislam.com

Darulihtidaulislam.com- Nabi Uzair adalah seorang Nabi yang hidup pada zaman setelah nabi musa as beliau salah satu di antara utusan Allah,Nabi uzair tidak termasuk dalam dua puluh lima nabi dan rasul yang wajib kita ketahui.

Tapi patut kita ketahui kisahnya diceritakan bahwa Nabi uzair pernah ditidurkan oleh Allah Swt selama seratus tahun sampai akhirnya dihidupkan kembali, peristiwa ini disebutkan dalam alquran surat al baqarah ayat dua ratus lima puluh sembilan.

Nabi uzair diutus Allah untuk berdakwah kepada kaum bani israil pada waktu itu keadaan kita hancur lebur pasca terjadi peperangan suasana kota seperti kota mati pemandangan yang sangat mengerikan seja mata memandang.

Tampak reruntuhan bangunan dan mayat bergelimpangan di mana mana pada suatu hari nabi uzair keluar dari kota menunggangi keledainya ia membawa bekal berupa buah buahan setelah berjalan beberapa kilometer Nabi Uzair melihat sebuah pohon besar beliau memutuskan untuk melepas lelah di bawah pohon itu dan menambatkan keledainya di pohon lain usai mengeluarkan bekal yang ia bawa.

Baca juga; sejarah darah menstruasi (haid)

Kemudian memeras buah anggur untuk ia minum sambil merenung tentang keadaan kotanya yang hancur ia berkata pada dirinya sendiri : ya allah bagaimana caramu menghidupkan orang orang yang sudah meninggal ini yang telah menyatu dengan tanah lalu engkau hidupkan mereka kembali diakhirat untuk diminta pertanggung jawaban atas perbuatan mereka.

Matahari bersinar sangat terik menambah rasa lelah dalam diri Nabi Uzair hembusan angin sepoi membuatnya mengantuk Allah Swt mendengar ucapan Nabi uzair lalu mengirimkan malaikat maut ke bumi dan mencabut ruh Nabi Uzair.

Pendudukpun saling bertanya : kira kira ke mana ya nabi uzair pergi aku sudah lama tidak melihatnya,penduduk lain: ia bener,terakhir kali aku melihat nabi uzair pergi bersama keledainya.
penduduk: aku dengar dari orang-orang bahwa ia sedang bertafakur di suatu tempat,namun sampai sekarang ia belum kembali.

Hari berganti menjadi minggu-minggu berganti bulan dan seterusnya sampai 100 tahun berlalu, orang-orang sudah mulai melupakan nabi uzair dan tidak membicarakannya lagi.

Setelah 1 abad berlalu jasad Nabi uzair utuh dan sama sekali tidak berubah Allah Swt mengirimkan malaikat untuk menghidupkan kembali ruh nabi uzair yang telah tidur
selama 100 tahun,mataharipun bergerak ke arah barat.Nabi Uzair pun terbangun dari tidurnya.

Baca juga; hikamah dibalik misteri Yakjuz dan Makjuz

Nabi Uzair berkata: Oh sudah sore rupanya tanpa terasa Aku tertidur sangat nyenyak di bawah pohon yang rindang ini,rasanya seperti baru duduk beberapa menit yang lalu.

Tiba-tiba datanglah sesosok Malaikat Dalam wujud manusia menghampiri Nabi uzair,kata Nabi Uzair bertanya kepada malaikat dalam wujud manusia : menurutmu Sudah berapa lama aku tidur di bawah pohon besar ini?
Kata malaikat : kau sudah tertidur di bawah pohon besar ini selama 100 tahun.

Nabi Uzair : apa benar? aku kira sehari atau setengah hari saja.
Mendengar perkataan orang dihadapannya Nabi Uzair, malaikat mencoba menjelaskan coba
Lihatlah sekelilingmu perhatikan apakah ada
perubahan yang terjadi?

Kata Nabi Uzair: aku rasa Aku tertidur Saat dzuhur waktu itu matahari bersinar terik dan saat terbangun matahari bergerak ke arah barat,kira-kira Aku tertidur selama setengah hari.

Malaikat: kalau begitu di mana keledai mu?

Nabi Uzair pun terkejut melihat keledainya telah berubah menjadi tulang belulang.

Seperti yang disebutkan dalam surat al-baqarah ayat 259 Allah berfirman: Tidak, engkau telah tinggal 100 tahun,Lihatlah makanan dan minuman mu yang belum berubah,tetapi lihatlah keledai yang telah menjadi tulang belulang.

Baca juga; hikamah turunnya Imam Mahdi 

Seketika itu angin bertiup kencang meniup tulang-belulang keledai yang sudah hancur dan menyatukannya kembali utuh dan hidup seperti semula, kelanjutan dalam surat Al Baqarah ayat 259 dan kami jadikan engkau tanda kekuasaan kami bagi manusia Lihatlah tulang-belulang keledai itu bagaimana kami menyusunnya kembali.Kemudian kami membalutnya dengan daging.

Sekarang aku tahu Allah Maha Besar Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Nabi uzair ingin pulang melihat rumahnya, Selama dalam perjalanan ia mengamati perubahan yang terjadi di kota yang dulunya seperti kota mati kini sudah berubah menjadi hidup kembali.

Nabi uzair sudah sampai di depan sebuah rumah ada seorang wanita tua sedang menyapu di halaman rumahnya.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Permisi wahai nenek saya ingin bertanya di mana rumah Uzair?".ujar Nabi Uzair.

wanita tua itu terkejut sapu yang dibawanya jatuh ke tanah

Wanita tua: Waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,Mengapa engkau menanyakan soal rumahnya Uzair?.
Bukankah dia sudah tidak ada lagi,dia sudah menghilang sejak seratus tahun yang lalu.

Baca juga ; Kisah Nabi Musa Vs Imam Qhazali

Ternyata wanita tua ini adalah pelayan Nabi Uzair saat itu usianya baru 20 tahun Sekarang usianya 120 tahun Allah memberinya umur yang panjang.Namun sayangnya beliau menderita penyakit buta kedua matanya.

Nabi Uzair: saya adalah uzair

Wanita tua: benar bahwa Engkau adalah Uzair? Nabi yang sangat sholeh dan taat itu kalau benar engkau sudah pasti engkau sanggup menyembuhkan mata ku yang ini.

Nabi Uzair segera berdoa kepada Allah dan mengusap kedua dan mengusap kedua
mata wanita tua seketika itu penglihatannya kembali normal.

Wanita itu sangat bahagia bisa melihat ia
memberitahukan kabar kembalinya nabi uzair kepada penduduk Bani Israil.

Benarkan bahwa Engkau adalah Uzair,Nabi yang diutus kepada kami?

Nabi Uzair: iya benar aku adalah uzair atas kuasa Allah dia Allah telah menidur ku Selamaa 100 tahun, kemudian Allah menghidupkan saya kembali sebagai pembuktian atas kuasa-nya yang tak terbatas,

Bani Israil: ketahuilah wahai utusan Allah,Saat Kota di Serang oleh musuh hancur leburlah kami, Kitab Taurat telah hilang dari tengah-tengah kami,Sudikah kau mengajarkan pada kami isi kitab Taurat itu Karena kami tahu bahwa Engkau adalah satu-satunya orang yang hafal di luar kepala isi kitab Taurat.

Nabi Uzair telah kembali ke tengah-tengah penduduk Bani Israil dan berdakwah kepada kaumnya.

Beliau mengajarkan isi kitab Taurat yang dibawa oleh Nabi Musa as dan membenarkan hal-hal yang melenceng dari Syariat.

Demikianlah akhir kisah nabi uzair yang tertidur selama 100 tahun dalam kisah ini Allah ingin membuktikan bahwa Allah adalah Maha Kuasa atas segala sesuatu yang terjadi di dunia.

SEKIAN...........

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "kisah Nabi Uzair Yang Tertidur Selama 100 Tahun"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel