Inilah Cara menguatkan Hafalan

                                           ta'limul muta'alim

Pernah suatu hari ada orang yang bertanya kepada kami tentang bagaimana caranya saya bisa menguatkan hafalan?.atau istilah lain disebut IQ (intelligence Quotient).

Ini sedikit jawaban dari kami:

Adapun hal yang paling kuat sebagai penyebab kuat hafalan adalah bersungguh-sungguh, terus-menerus,sedikit makan, melakukan sholat malam. Membaca Al-qur'an termasuk bagian dari sebab yang memperkuat hafalan.

Pernah dikatakan: tidak ada sesuatu yang lebih menguatkan hafalan dari pada membaca Alqur'an dengan melihat Qur'an, karena membaca Al-Qur'an dengan melihat langsung lebih afdhal, berdasarkan sabda Nabi saw: paling seutama-utamanya amalan umatku adalah membaca Al-Quran dengan melihat langsung.

Saddad bin Hakim memimpikan salah satu dari saudara-saudaranya yang telah meninggal dunia, kemudian dia (Saddad) berkata kepada saudaranya: hal apa yang kamu dapati paling bermamfa'at untukmu semasa hidup didunia? saudaranya menjawab: membaca Al-Qur'an dengan melihat langsung.

Dan dia (saudaranya) ketika mengangkat Al-quran membaca do'a ini:

"Dengan (menyebut) Nama Allah, Maha Suci Allah, segala Puji Milik Allah, Tiada Tuhan selain Allah, Allah yang Maha besar, Tiada Daya dan Upaya melainkan Daya dan Upaya dari Allah
Yang Maha Agung , Yang Maha Perkasa, Yang Maha mengetahui dengan sejumlah tiap-tiaph uruf yang telah tertulis dan yang sedang ataua kan tertulis selama-lamanya sepanjang yang Maha Sepanjang Zaman"

Dan dia (saudara) juga berkata setelah melaksanakan sholat wajib:

"Aku beriman kepada Allah Yang Maha Esa, Maha Tunggal, tidak ada sekutu baginya dan Aku kafir kepada selain Allah"

Dan memperbanyak membaca shalawat untuk baginda Nabi saw,karena Nabi merupakan rahmat untuk semesta Alam.

Dikatakan dalam sebuah syair;

"Aku mengadu kepada Waki' tentang jeleknya hafalanku,dia menunjukkan aku untuk meninggalkan maksiat,

Karena kuat hafalan itu karunia tuhan,sedangkan karunia tuhan tidak akan diberikan kepada orang maksiat".

Bersiwak, meminum madu, memakan kundur (kemenyan putih) dicampur dengan gula, dan memakan dua puluh satu anggur kering (kismis) yang merah setiap hari disaat keadaan lapar itu dapat membuat kuat hafalan dan menyembuhkan berbagai penyakit.

Dan setiap apa saja yang dapat mengurangi dahak, dan basah-basah di badan itu dapat menambah kuat hafalan. Sedangkan tiap sesuatu yang menambah dahak dapat memudahkan lupa.

SEKIAN.........

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Inilah Cara menguatkan Hafalan"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel