7 Jalan Menuju Akhlak Mulia

                                                  gambar ilustrasi

Salam santun semua untuk sahabat Darul ihtidaul islam dan yang baru terhubung dengan website tercinta kami ini.Didalam kita menempuh hidup di dunia fana ini penuh dengan yang namanya lika-liku kehidupan moral manusiawi.Maka oleh sebab itu kami memberikan yang terbaik untuk semua sahabat Darul ihtidaul islam.

Untuk mewujudkan akhlak moral yang mulia pada diri kita masing masing ,maka harus kita berbenah beberapa langkah seperti yang tersirat dan tersurat didalam Al-quran dan Hadist dibawah ini:

1.Sabar
Kesabaran ketika mendapat musibah atau sabar terhadap sebuah cita- cita yang belum digapai oleh seseorang  atau sabar dalam menuntut ilmu pengetahuan.Semua bentuk kesabaran itu adalah sebahagian dari sifat akhlak yang terpuji yang harus dipraktikkan oleh seorang muslim.

Adapun secara umumsabar dapat di bagi kepada tiga kategori:

A/.Sabar dalam melaksanakan segala perintah ALLAH dengan senang serta tulus dan ikhlas.

B/.Sabar dalam menjauhi larangan ALLAH ,dimana kita selalu berjuang untuk mengendalikan diri dalam meninggalkan larangan ALLAH.

C/.Sabar terhadap segala musibah yang tertimpa kepadanya,dengan tetap berbaik sangka kepada sang maha pencipta dan meyakini adanya hikmah didalam setiap musibah,serta berkeyakinan bahwa setiap musibah yang menimpanya merupakan pengingat dan penghapus bagi segala dosa.

Rasulullah Saw pun mengatakan:
'Tidak ada satupun musibah yang menimpa seorang muslim berupa duri atau yang semisalnya,melainkan dengnnya ALLAH akan mengangkat dan menghapus kesalahannya'  (HR.Muslim,No.4666).

2.Syukur
Syukur merupan sebuah sikap yang di tampilkan sebagai bentuk terima kasih atas nikmat Allah yang tidak terhingga.Syukur mampu di ungkapkan dalam bentuk ucapan maupun perbuatan.misalnya ,syukur dalam bentuk ucapan dengan cara membaca alhamdulillah,sedangkan syukur dalam bentuk perbuatan dapat dilakukan dengan memanfaatkan nikmat Allah sesuai dengan perintan dan larangan.

Adapun orang yang senantiasa hidup dalam syukur atas rezki yang di berikan pasti Allahakan tambah kenikmatan tersebut secara berlipat ganda sampai tak terhingga jumlahnya seperti perjanjian Allah didalam Al-quranul karim:

"Dan igatlah tatkala tuhanmu menjanjikankannya,sesungguhnya jika kamu bersyukur,pasti kami akan menambahkannya untukmu,dan sebaliknya jika kamu mengingkarinya (nikmatku) .Maka sesunguhnya nikmatku sangat pedih"(qs-ibrahim/14/7)

3.Tawadhu'
Tawadhuk atau rendah hati yaitu sebuah sifat akhlak yang terpuji lagi mulia sifat itu harus selalu menjadi bagian dari diri seorang muslim.Karena dengan sifat itulah manusia akan terlihat jauh dari kesombongan diri baik antar sesama makhluk maupun dengan khaliqnya.Sedangkan kesombongan merupakan salah satu sifat tercela yang dilarang oleh Allah Swt.Didalam Al-quran Allah berfirman:

"Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia(karena kesombonganmu)dan jangan pula kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh.Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri"(QS,Luqman(31):18)

Baginda rasulullah pun bersabda:

"Sasungguhnya Allah telah mewahyukan kepadaku agar kalian merendahkan hati sehingga seseorang tidak menyombongkan diri atas yang lain dan tidak berlaku  dhalim atas yang lain"( HR,Muslim no,2588)

4.Wara'
Wara' merupakan bahagian dari sikap akhlak terpuji.Seorang yang wara' pasti pandai menjaga dirinya dari berbagai perilaku yang dilarang dalam agama termasuk hal-hal yang syubhat.Imam Aljarjani mengatakan bahwa yang dinamakan wara' adalah menjauhkan diri dari segala yang berbentuk syubhat (belum jelas halal & haram) karena khawatir akan terjatuh kedalam perkara yang di haramkam oleh Allah Swt.

5.Zuhud
Zuhud merupakas hahagian dari siap akhlak mulia. Seorang zuhud dengan mudah meninggalkan berbagai hal yang dapat melalaikan dari mengingat Allah."Oleh karena itu zuhud bukanlah mengharamkan dunia
dan menyia nyiakan harta, tapi zuhud itu bagaimana semua potensi dunia ini dapat digergunakan untuk selalu mengingat Allah.Atau zuhud itu bisa di artikan juga menggunakan dunia cuma sekedar hajat.

6.Bertanggung Jawab
Tanggung jawab merupakan perwujudan dari nilai akhlak mulia bagi seorang muslim. Maka setiap pekerjaan dan kewajiban tidak akan mungkin dapat terlaksana dengan baik kecuali diamanahkan pada orang orang yang
bertanggungjawab.

7.Malu
Malu merupakan sifat yang mulia dan juga sebagai salah satu bukti bagi seorang yang beriman kepada Allah dan Rasul-NYA.

SEKIAN

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Jalan Menuju Akhlak Mulia"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel