-->

Sebab Munculnya Aliran Mu'tazilah


Daruihtidaulislam.com.Mu'ktazilah merupakan salah satu
golongan dalam akidah islam.Mereka tumbuh pada masa
kekhalifahan Bani Umayyah.Menurut Muhammad Amin,
kata Mu'tazilah diambil dari kata i'tazala.

Kata ini (mu'tazilah) dinisbatkan kapada golongan-golongan yang tidak mau turut ikut campur dalam pertikaian politik pada masa khalifah Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib.

Merekapun tidak mau terlibat dalam perang jamal,yaitu antara kubu Ali bin Abi Thalib dan kubu Aisyah,Zubair,danThalhah.
Kelompok ini beranggapan bahwa mereka yang bertikai telah keluar dari konteks Al Quran.

Adapun menurut pendapat Imam syahrastani,al Baghdadi,dan Taisy Kubra Zadah,bahwa penakmaam Mu'ktazilah sebagai suatu golongan yang timbul semenjak perbadaan pendapat antara Washil bin Atha dan Hasan al Basri (abad 2).

Jadi,dari dua pendapat di atas dapat ditarik kesimpulan,bahwa Mu'ktazilah adalah suatu golongan yang bercorak rasional dan liberal.Adapun munculnya setelah terjadi peristiwa perbedaan antara Washil bin Atha dan Hasan al Basri  di Basrah.

Adapun pemikiran aliran Mu'ktazilah bersifat murni teologis.Golongan ini hadir dan berkembang bersamaan dengan aliran-aliran teologi lainnya.

baca juga: sejarah darah menstruasi (haid)

Golongan Mu'ktazilah memiliki penghargaan yang tinggi terhadap akal,tetapi tanpa melepaskan diri dari dalil naqli.

Dengan pemikirannya ini golongan Mu'ktazilah mengantarkan islam pada sebuah peradaban islam yang sangat maju.Golongan ini mengantarkan zaman keemasan kekhalifahan Bani Abbasiyah di bawah komando Khalifah Al Amin.

Golongan Mu'tazilah lahir dengan memiliki sebab,yaitu:
     
1. Factor internal

Factor intetnal yang menyebabkan Mu'ktazilah muncul adalah terjadinya perbedaaan pendapat diantara umat islam.Perbadaan itu tentang status orang mukmin yang melakukan dosa besar.Selain itu adanya usaha untuk mempertahankan ajaran-ajaran islam dari serbuan musuh-musuh islam.

2. Factor eksternal

Factor exsternal yang menyebabkan  lahirnya aliran ini adalah kontak umat islam dengan pengetahuan yunani.Mengingat basrah sebagai pusat kota ilmu pengetahuan,maka segala macam ilmu pengetahuan masuk kedalamnya,termasuk dari Yunani.

Dari filsafat ini banyak ilmuan islam yang mempelajari teknik dan pola pikir filsafat. Kemudian pola pikir itu diaplikasikan dalam kehidupan beragama,termasuk bidang akidah.

Maka lahirlah golongan Mu'ktazilah,mereka memadukan metode berpikir dengan rasio pada tataran akidah ilmu kalam.Golongan Mu'ktazilah disebut juga dengan "AHLUL AL ADL WA TAUHID".

WASSALAM DARI KAMI DARUL IHTIDAUL ISLAM.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sebab Munculnya Aliran Mu'tazilah"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel