-->

Biografi Abu al Hasan al Asy'ari

       
ASSALAMUALAIKUM WR WB,

Pada pertemuan kali ini DARUL IHTIDAUL ISLAM akan membahas dan menguraikan sedikit tentang profile Abu al Hasan al Asy'ari (Ulama Besar Tauhid dalam sejarah Islam).  


Abu al Hasan al Asy'ari memiliki nama lengkap Abu Hasan Ali bin Ismail al Asy'ari.Beliau lahir di Basrah pada tahun 260 H/874 M.Ayahnya meninggal  ketika beliau masih kecil.

Selanjutnya ibunya menikah dengan seorang Ulama bernama Abu Ali al juba'i(230 H/849 M).Di rumah ayah tirinya inilah Abu al Hasan tumbuh dan berkembang.

Pelajaran pertama yang di perolehnya adalah Al Quran.ia mendapatkannya dari ayah kandungnya.

Setelah ayahnya meninggal pendidikannya diteruskan pada ayah tirinya dan beberapa Ulama kenamaan Basrah.Ia mampu menguasai berbagai jenis ilmu pengetahuan,seperti ilmu Hadist, fiqih,tafsir,dan tata bahasa.

Beberapa guru kenamaanya ialah;as Saji,Abu Khalifah al Jumhi,Sahl bin Nuh,Muhammad bin Ya'qub,dan Abdurrahman bin Khalf.

Abu al Hasan adalah seorang yang sangat mendalami paham Muktazilah.Karenanya ia adalah orang kedua al Juba'i di dalam golongan Muktazilah.Semenjak kecil abu al Hasan tidak terlepas dari arahan al Juba'i,ayah tirinya.Al Juba'i adalah seorang Ulama Muktazilah.

Hingga menjelang empat tahun  Abu al Hasan tetap setia menemani al Juba'i.Tetapi ,menginjak umur empat puluh tahun ia memiliki ketidakpuasan terhadap apa yang pernah di berikan oleh ayah tirinya tersebut.

Pada usia tersebut Abu al Hasan keluar dari paham Muktazilah.Ia memiliki teologi yang berbada dengan gurunya.

Menurut imam ibnu asakir,hal ini diakibatkan karena ia bermimpi bertemu dengan baginda Nabi Muhammad saw.sebanyak tiga kali.

Dalam mimpinya itu Rasulullah saw.memperingatkanya untuk meninggalkan paham muktazilah dan membela paham yang telah diriwayatkan oleh beliau.

Setelah kejadian tersebut Abu al Hasan mencari sumber-sumber tentang semua teologi.

Konsepnya menjadikan sebagai pemikiran yang fleksibel dan tidak exstrim.Ia bukan golongan dari Jabariah,dan bukan juga golongan dari Qadariah.

Pada umur inilah Abu al Hasan mendirikan Mazhab teologi dengan nama Asy'ariyah atau yang lebih dikenal dengan Ahlussunnah Wal Jamaah.

Abu al Hasan menulis beberapa karya,di antaranya ialah:

1. Maqalah Al Islamiyah

Kitab ini adalah kitab yang pertama dalam soal-soal kepercayaan Islam.Kitab ini terdiri dari tiga(3)bagian:

         -tinjauan tentang golongan-
           golongan di dalam agama islam

         -akidah aliran ashabu al Hadist &
           ahlussunnah.

         -beberapa persoalan ilmu kalam

2.Al Ibanah 'an Ushul ad Diniyah

Kitab ini berisi uraian tantang kepercayaan Ahlussunnah Wal Jamaah dan beberapa peryataan tentang persoalan-persoalan penting.
     
3.Al Luma' fi ar Radd 'ala ahl as Zaiq wa al bida'

Kitab ini berisi tentang sorotan terhadap golongan-golongan lain dalam ilmu kalam.

   WASSALAM DARI KAMI DARUL IHTIDAUL ISLAM.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Biografi Abu al Hasan al Asy'ari"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel