-->

Cara Menghilangkan Bau Badan

Cara menghilangkan bau badan

Darulihtidaulislam.com- Hai followers ku semua Jutaan orang tidak menyadari bahwa mereka memiliki bau badan yang menyengat, meskipun bau badan tidak berbahaya, namun bisa mengganggu dan seringkali membuat Anda tidak percaya diri.

Apa penyebab bau badan? dan bagaimana cara mengatasinya?

Berkeringat merupakan hal yang normal sebagai mekanisme tubuh untuk melindungi kulit dan mengatur suhu tubuh saat cuaca panas atau saat tubuh memiliki banyak aktivitas seperti olahraga, suhu tubuh akan naik, sehingga untuk menstabilkan suhu tubuh agar kembali normal tubuh akan mengeluarkan keringat.

Sedangkan unsur dari keringat terdiri dari air, laktat, urea dan mineral kalium, magnesium, natrium atau garam Inilah sebabnya mengapa keringat terasa asin komposisi air, laktat, urea dan mineral dalam keringat setiap orang pasti berbeda - beda karena tergantung apa yang dimakan dan diminum.

Sedangkan keringat berasal dari kelenjar keringat yaitu kelenjar ekrin dan apokrin, kelenjar ekrin terdapat di seluruh bagian tubuh dan menghasilkan keringat dengan konsistensi lebih cair yang biasanya

Tetapi kelenjar apokrin tidak berbau di daerah ketiak, dan daerah genital menghasilkan keringat yang lebih lengket dan  kaya akan bahan organik yang bila kontak dengan bakteri dapat menghasilkan bau yang tidak sedap.

Terdapat beberapa masalah keringat yang umum dalam istilah medis yaitu :

Hiperhidrosis, Kromhidrosis, Bromhidrosis

Hiperhidrosis adalah masalah keringat berlebih namun tidak berbau misalnya ketika seseorang tiba-tiba berkeringat banyak di telapak tangan saat tidak melakukan pekerjaan aktivitas berat apapun ini disebut hiperhidrosis lokal yang dapat disebabkan oleh gangguan regenerasi saraf simpatik yang tidak normal atau gangguan psikologis.

Ada juga hiperhidrosis umum terjadi di seluruh tubuh yang mungkin  akibat dari gangguan saraf otonom atau karena penyakit sistemik, gangguan endokrin (diabetes) atau efek samping obat.

Ada juga yang namanya Khromhidrosis yang ditandai dengan keluarnya keringat berwarna
dan disertai rasa gatal dan panas yang biasanya muncul di ketiak namun kondisi ini sangat jarang ditemukan.

Ada juga Bromhidrosis adalah istilah medis untuk bau badan yang tidak sedap Penyebabnya adalah karena produksi keringat yang berlebihan oleh kelenjar apokrin Kelenjar keringat apokrin mulai berfungsi pada masa pubertas sehingga bau badan sering muncul pada masa pubertas.

Bromhidrosis lebih sering terjadi pada pria dibandingkan wanita pada penderita  obesitas dan pada orang kulit hitam daripada kulit putih. Selain itu bau badan juga dipengaruhi oleh hormonal, genetik, dan makanan seperti bawang putih, bawang merah, cabai, merica, cuka, keju, produk lobak susu fermentasi, ikan asin, dan daging dapat mempengaruhi bau badan.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

mulai dari hal yang sederhana seperti mandi secara teratur, membersihkan ketiak dan mencukur ketiak mengganti pakaian terutama saat berkeringat menggunakan sabun antibakteri hindari beberapa jenis makanan penyebab bau badan (bawang putih dan daging merah).

Menggunakan deodoran atau antiperspiran dan parfum Antiperspiran yang mengandung aluminium klorida yang dapat mengurangi  jumlah keringat dengan menyumbat pori-pori di ketiak.

Deodoran mengandung antimikroba dan parfum untuk mengurangi bau badan namun tidak mengurangi produksi keringat.

Saat ini sudah ada kombinasi deodoran dan antiperspirant yang bisa memberikan hasil yang lebih baik Jika langkah itu tidak bisa mengatasi bau badan, ada  beberapa terapi ekstrim seperti suntik Botox (botulinum toxin) di area tertentu yang sering mengeluarkan keringat, termasuk operasi pengangkatan kelenjar apokrin atau dengan sedot lemak atau sedot lemak di bagian tubuh tertentu tapi harus konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

sumber youtube ini kata dokter

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menghilangkan Bau Badan"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel