Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Abati Babah Buloh Ulama Kharismatik Aceh disiplin dan Wara'

Darulihtidaulislam.com- Abati babah buloh seorang pendidik yang sangat disiplin, beliau tak mau ada waktu yang terbuang untuk hal sia sia apalagi hal haram,  maka beliau mengharamkan muridnya membuang waktu untuk nonton hal yang tidak ada manfaat untuk agama,  sehingga beliau mengambil tindakan tegas jika ada santri atau guru yang nonton diwarung kopi. Beliau tak mau waktu itu dibuang karena beliau berpegang teguh kepada " meninggalkan belajar adalah dausa besar"  dalam disiplin belajar abati sama seperti Abu Lhoknibong. 

Abati selalu mnyampaikan sebelum terlepas ilmu fardhu ain maka tak boleh bimbang dengan hal hal lain kecuali untuk makan alakadar,  untuk cari rezeki ala kadar dan istirhat selain dari itu haram. Maka abati tak menyekolah panjang anaknya kecuali sekedar bisa baca tulis karna biau yakin dayah adalah tempat yang sebenarnya mendidik manusia agar jadi manusia seutuhnya. 

Dari masa kemasa beliau memimpin Dayah Nurul Islam dengan penuh disiplin, semasih beliau sehat tiap subuh beliau sendiri yang turun tangan membangunkan santri dan dewan guru tiap subuh,  dan beliau sendiri yang mengontrol kerja dewan guru dengan sangat disiplin sehingga bila guru tidak disiplin langsung beliua cabut jatah kelas untuk ngajar. 

Beliau selalu mnyampaikan jadi seorang guru harus bertanggung jawab,  maka beliau sangat bertanggung jawab sehingga apapun kegiatan jangan pernah menggangu jam belajar, mudah mudahan kedisiplinan itu bisa diwariskan oleh anak anaknya atau murid muridnya. 

Abati juga seorang ulama yang wara' beliau sangat memelihara dari makruh dan syubhat, beliau sangat teliti dalam masalah thaharah (kesucian)  dari beliaulah kami dapat Ilmu tidak boleh memasuk uang ke kantong waktu shalat jika uang itu bukan uang baru atau belum di cuci, dari beliau kami liat sangat teliti dalam masalah najis sehingga selama kami berguru ke beliau sampai akhir hayat beliau, beliau tidak pernah memakai sandal mewah yang tak bisa dicuci waktu wuduk,  beliau selalu menggunakan sandal jepit yang dipotong ujung nya agar mudah dicuci waktu wuduk, beliau tak mau sandal itu dihormati sampai rela bernajis dan dibawa najis dalam shalat. 

Abati itu ulama ikhlas dan tegas,  maka dimukanya selalu nampak berseri seri bahkan setelah beliau jatuh sakit muka belia selulu berseri seri tidak nampak dimuka beliau beliau lagi sakit,  bahkan setelah beliau wafat muka beliau dan kulit beliau sangat berseri seri sebagai kulit ahli surga.. Hanya do'a selalu kita iring agar beliau ditingkatkan derajat didaam surga Allah dan kita semua bersamanya didalan surga..! 

Sumber : Tgk Muslim Atthahiri - Darul Mujahidin 5-6-2021 (Abi Mujahidin).

ariv yabarwiel
ariv yabarwiel " DUNIA TEMPAT DITINGGAL BUKAN TEMPAT TINGGAL " by : Arifullah

Posting Komentar untuk "Abati Babah Buloh Ulama Kharismatik Aceh disiplin dan Wara'"