-->

Bingung Mengatasi Masalah Hidup

                 kunjungi selalu situs kami darulihtidaulislam.com

Darulihtidaulislam.com-Sahabat Nabi adalah orang yang pernah hidup dengan Nabi dan selalu mendapat petuah-petuah yang bijak dari seorang baginda Nabi.Pernah Diceritakan oleh Sa'id bin Musayyab,suatu ketika Sayyidina Ali berjumpa dengan Salman Al-Farisi
"Apa kabarmu, wahai Abu Abdillah?" tanya Ali.
Salman pun menjawab: aku sedang menghadapi empat kebingunan."
"Semoga Allah merahmatimu.Apa itu?" tanya Ali kembali

Lalu Salman menjawab: pertama,aku sedang dalam keadaan bingung menghadapi keluargaku karena mereka memintaku untuk mencari nafkah.Kedua, aku bingung menghadapi Sang Pencipta karena ia memerintahkanku berbuat ketaatan. Ketiga, aku bingung menghadapi setan karena memerintahku berbuat maksiat.Keempat,aku bingung menghadapi malaikat maut karena ia meminta ruhku."

Sayyidina Ali berkata : berbahagialah, wahai Abu Abdillah,karena setiap kebingungan yang kau hadapi merupakan derajat keutamaan tersendiri.Aku pun suatu ketika menemui Rasulullah SAW.Beliau bertanya tentang keadaanku.saya katakan aku sedang menghadapi empat kebingungan.

Pertama di rumahku tidak ada apa-apa selain air.Padahal, aku sangat khawatir pada anak-anakku yang sedang amat kelaparan. Kedua, bingung menghadapi ketaatan kepada Allah Ketiga, bingung menghadapi akhirat. Dan Keempat,bingung menghadapi malaikat maut.

Baca  juga: sejarah darah menstruasi (haid)

Mendengar keluhanku, Rasulullah menyuruhku bergembira dan bersabda, Bingung menghadapi kelaparan keluarga merupakan tiral penutup neraka.Bingung menghadapi ketaatan kepada Allah merupakan keamanan dari siksa.Bingung menghadapi hari akhirat merupakan jihad, yang lebith utama daripada beribadah selama 60 tahun.Dan bingung menghadapi malaikat maut merupakan maqhfirah bagi seluruh dosa."

Rasulullah selanjutnya mengatakan bahwa rezeki setiap hamba berada di tangan Allah. Kebingunganku menghadapi beban hidup tidak akan memberi manfaat atau merugikan Allah. Hanya saja, katanya, Allah memberiku pahala karena kebingunganku.

Bahkan baginda Nabi menasehati saya  bersyukur atas hidayah Islam,melaksanakan ketaatan dengan mengucapkan ".
                                                     لاحول ولاقوت الا بالله العطيم
(tidak ada daya dan kekuatan melainkan atas pertolongan Allah yang Maha Perkasa dan Maha agung)",dan meninggalkan karena akan memadamkan murka Allah,memberatkan timbangan,
sedangkan memberatkan timbangan,dan mendorongku ke surga.

Salman berkata: Semoga Allah menambah kemuliaanmu.Aku pun bingung dengan hal-hal tadi,khususnya untuk menafkahi keluargaku."
Sayyidina Ali menjawab, "Wahai Salman, aku mendengar
Rasulullah SAW.pun bersabda: Siapa tidak peduli terhadap keluarganya, maka ia tidak memperoleh bagian di surga."

Salman berkata lagi, "Bukankah Rasulullah pun
bersabda : pemilik anak banyak yang tidak akan berbahagia untuk selamanya.

Sayyidina Ali menjawab Bukan begitu maksudnya.Jika rezeki yang kau peroleh untuk membiayai keluargamu berasal dari sesuatu yang halal, engkau akan berbahagia.Wahai Salman, sesungguhnya surga disedikan untuk orang yang merasa bingung mencari rezeki yang halal."

SEKIAN.........

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bingung Mengatasi Masalah Hidup"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel