Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

syarat mencari ilmu ada 6 perkara


Ilmu yang manfaaat adalah ilmu yang bisa menghantarkan pemiliknya untuk menjadi ketakwaan kepada Allah Swt,.Ilmu adalah nur ilahi yang hanya diperuntukkan bagi hamba -hambaNYA yang shalih.

Ilmu bermanfaat inilah yang tidak mungkin bisa didapatkan kecuali dengan adanya 6 sayarat yang harus di lengkapi oleh si
pencarinya.

Adapaun 6 syarat tersebut adalah:

1.Cerdas, artinya kemampuan untuk menangkap ilmu, bukan berarti IQ (Intelligence Quotientharus tinggi,walaupun dalam mencari ilmu IQ yang sangat tinggi sangat menentukan tinggi sangat menentukan sekali, asal akalnya mampu menangkap ilmu maka berarti sudah memenuhi syarat pertama ini.

Berbeda dengan orang gila atau orang yang ideot yang memang akalnya sudah tidak bisa menerima ilmu maka sulitlah mereka
mndapatkan ilmu  bermanfaat, namun perlu di ingat bahwa kecerdasan adalah bukan seuatu yang tidak bisa meningkat.

kalau menurut orang tua akal kita adalah laksana
pedang semakin sering di asah dan di pergunakan maka pedang
akan semakin mengkilat dan tajam.

Adapun bila di diamkan maka akan karatan dan tumpul begitupula akal kita semakin sering dibuat untuk berfikir dan mengaji maka akal kita akan semakin tajam daya tangkapnya dan bila dibiarkan maka tumpul tidak akan mampu menerima ilmu apapun juga.

2.Semangat, artinya sungguh-sungguh dengan bukti ketekunan,mencari ilmu tanpa kesemangatan dan ketekunan tidak akan menghasilkan apa-apa ilmu, apalagi ilmu agama    adalah sesuatu yang mulia yang tidak akan dengan mudah bisa didapatkan.

Oleh karenanya banyak orang mencari ilmu tapi yang berhasil sangat sedikit di banding tidak berhasil kenapa!..karena mencari ilmu itu sulit, apa yang kemarin di hafalkan belum tentu sekarang masih bisa dihafal.

Padahal apa yang di hafal kemarin masih berhubungan dengan pelajaran hari ini, akhirnya pelajaran hari ini pun berantakan karena hilangnya pelajaran kemarin.

Maka tanpa kesemangatan dan ketekunan sangat sulit mendapatkan yang seharusnya kita dapatkan dalam menuntut ilmu.

3.Sabar,artinya tabah nenghadapi cobaan dan ujian dalam mencari ilmu,orang yang mencari ilmu adalah orang yang mencari jalan
lurus menuju penciptanya.

Oleh karena itu syetan sangat membenci pada mereka.apa yang di kehendaki syetan adalah agar tidak ada orang yang mencari lmu,tidak ada orang yang akan mengajarkan pada umat bagaimana cara beribadah dan orang yang akan menasehti kemaksiatan.

4.Biaya, artinya orang menuntut ilmu perlu biaya seperti juga setiap manusia hidup yang  memerlukannya, tapi jangan difaham harus
punya uang apalagi uang yang banyak.

Biaya disini (menuntut ilmu) hanya kebutuhan kita makan minum sandang dan secukupnya,juga tidak harus merupakan bekal materi.

Dalam sejarah kepesantrenan (mencari ilmu) dari zaman sahabat nabi sampai zaman ulama terkemuka kebanyakan para santrinya adalah orang yang tidak mampu.

Seperti halnya Abu Hurairah sahabat Nabi seorang perawi Haditst terbanyak adalah orang yang sangfit fakir.Imam Syafi' adalah seorang yatim papa,dan Imam Zakaria Al anshari dan masih banyak lagi tokoh-tokoh islam.

Note:
"biaya disini bisa dengan mencari sambil khidmah atau bekerja yang tidak mengganggu belajar dan megajar"


5.Petunjuk ustadz, artinya orang mengaji harus digurukan tidak boleh dengan belajar sendiri,ilmu agama adalah warisan para nabi bukan barang hilang yang bisa di cari di kitab-kitab.

6.Lama, artinya orang belajar ilmu agama perlu waktu yang lama,lama disini bukan berarti tanpa target,karena orang belajar harus punya target,tanpa target akan hampa dan ujung-ujungnya malaslah kita belajar.

SEKIAN......


ariv yabarwiel
ariv yabarwiel " DUNIA TEMPAT DITINGGAL BUKAN TEMPAT TINGGAL " by : Arifullah

Posting Komentar untuk "syarat mencari ilmu ada 6 perkara"